'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MDMC dan LLHPB Lampung Mengikuti TOF Psikhologisosial di UMM Malang
26 September 2022 14:53 WIB | dibaca 23

Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Lampung dan  Pimpinan wilayah Muhammadiyah Lampung merestui utusan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana dan Muhammadiyah Disaster Management Center mengikuti Training Of Facilitator Psikososial dengan tema “Semangat Bergerak Untuk Kemanusiaan” di UMM Malang. Sabtu, 24 September 2022,  di di Gedung Kuliah Bersama IV UMM Malang.

Tujuan Mengikuti pelatihan fasilitator psikososial ini untuk dapat meningkatkan kapasitas mengenai klaster psikososial. Utusan tersebut Kolaborasi MDMC dan LLHPB dengan formasi 3 perempuan dan 2 laki -laki. kegiatan didukung LazisMu, dan AUM. Mereka mengikuti TOF Psikhologisosial hari pertama dimulai dari jam 09.00 WIB hingga 21.00 WIB, dengan materi antara lain; management Bencana, Pentingnya Psikososial Kebencanaan, Kesehatan Mental, Teknik fasilitasi dan Pemberdayaan selain itu pengalaman unik bagi peserta dari luar kota Malang adalah  fasilitas hotel kontainer yang nyaman.

“Pelatihan fasilitator psikososial materinya sangat menarik dan pematerinya sudah cukup pengalaman dalam respon kebencanaan jadi dapat banyak ilmu yang dapat kita serap dan dapat di tularkan kepada relawan-relawan Muhammadiyah yang ada di Lampung” imbau Roni Azhari dari MDMC Lampung.

Diharapkan dari pelatihan ini dapat membangun sistem penanganan tanggap darurat bencana dan sistem ini bisa diterapkan dalam setiap terjadinya bencana. Harapannya juga pelatihan bisa di tularkan kepada masyarakat agar masyarakat siap siaga dalam tanggap bencana dan tangguh dalam menghadapi .

“Harapan mengikuti TOF Psikhologisosial Bencana adalah meningkatkan pengetahuan, sikap, ketrampilan mengurangi resiko dan beban penyintas melalui pengembangan jejaring”kata Erna Rochana selaku ketua LLHPB Aisyiyah Lampung.

Shared Post: